Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Rabu, 30 September 2015

mading: liputan islamic basic training 2015

Pada hari Rabu (23/9), di SMAN 9 Kab. Tebo dilaksanakan acara IBT (Islamic Basic Training). Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas sepuluh (X).  Acara ini dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Acara IBT diawali dengan pembukaan oleh kepala Sekolah yang didampingi oleh Pembina Rohis. Di dalam sambutannya Bapak Mulyadi menyampaikan bahwa siswa harus mengikuti kegiatan ini  dengan serius.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Bapak Amin Zubaidi. Dalam kultumnya Bapak Amin Zubaidi menjelaskan tentang kepemimpinan. Beliau menjelaskan bahwa seorang pemimpin menjadi teladan bagi masyarakat. Seperti di Indonesia ini yang dipimpin oleh seorang presiden. Jika presiden tidak bisa memberikan perubahan begi negaranya maka ia bisa dikatakan gagal menjadi pemimpin.
 Seorang pemimpin harus memiliki karakter yang baik dan kuat. Karakter yang baik artinya pemimpin harus memiliki sifat jujur, adil, sabar, dan juga dermawan. Sedangkan karakter kuat yaitu pemimpin harus memiliki sifat disiplin, berani, tegas, dan optimis. Jika tidak memiliki karakter tersebut maka seseorang gagal untuk menjadi pemimpin. Di dalam materinya Bapak Amin Zubaidi juga mengatakan bahwa kesuksesan itu berawal dari impian, yaitu impian yang diwujudkan dan diraih.
Kemudian acara dilanjutkan dengan istirahat atau makan siang bersama di dalam ruangan. Panitia membagi nasi yang dibawa oleh siswa kelas X secara acak. Sehingga mereka akan mendapatkan nasi orang lain. Hal ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebersamaan. Setelah makan dilanjutkan dengan game  untuk menambah dan antusiasme peserta.
Pemateri selanjutnya adalah dari Kakak Dwi Oktaviana, anggota Ikatan Remaja Jambi, beliau menjelaskan tentang makna ashadu. Kita sudah tidak asing dengan kata ini, bahkan kita sering mengucapkannya. Tetapi orang masih banyak yang bingung dengan maknanya. Ashadu  memiliki tiga makna:
1.    Pernyataan
Artinya jika sudah mengucapkan kata ashadu berarti kita sudah membuat pernyataan pada allah bahwa allah tuhan kita
2.    Janji
Artinya jika sudah mengucapkan kata ashadu kita sudah mempunyai perjanjian pada allah dan harus di tepati
3.    Sumpah
Artinya jika sudah mengucapkan kata ashadu kita sudah mengucapkan sumpah pada allah dan kita tidak boleh mengingkarinya

Banyak hal dan hikmah yang diperoleh dari kegiatan ini, sehingga diharapkanpara siswa menjadi termotivasi untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri atau bagi orang lain. Teruslah bersemangat untuk meraih mimpi-mimpi karena setiap ada kemauan pasti ada jalan untuk meraihnya.
by DWI ASTUTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar